Atlet Dayung Tersetrum, Ini Tanggapan PLN

0





Bandung – Atlet dayung Indonesia Dewi Yuliawati tersetrum aliran listrik dari kabel PLN di Situ Cileunca. PLN pun buka suara terkait insiden tersebut.

Dewi tersetrum saat menjalani latihan bersama pelatnas dayung di Situ Cileunca, Pangalengan, Kabupaten Bandung, Minggu (11/2/2018) lalu. Insiden itu terjadi karena dayung Dewi mengenai kabel, yang memang saat itu cuma berjarak sekitar 60 cm dari permukaan air.

Deputi Manager Humas dan Bina Lingkungan PLN Jawa Barat, Iwan Ridwan, mengatakan kabel PLN yang membentang di Situ Cileunca sudah sesuai dengan standar. Namun menjadi terlihat rendah karena air sedang pasang.

“Itukan (sudah) sesuai standar. Dapat informasi dari teman-teman yang melakukan investigasi di lapangan, itu sudah standar,” kata Iwan via telepon, Selasa (13/2/2018).

“Pas air tidak pasang, dari permukaan air ke kabel 8 meter. Kemaren pasang, ya mungkin satu setengah meteranlah,” ungkapnya.

Sementara soal letupan yang terjadi saat insiden, Iwan menduga itu karena korsleting. Karena pihaknya tak menyaksikan langsung kejadiannya, Iwan memperkirakan dayung tersangkut dan membuat kabel listrik bersentuhan dengan kabel lain.

“Sebelum kena kabel (PLN), dia kena kabel fiber optic terus (perahunya) terbalik. Korsleting lah, Ini mungkin karena induksinya. Sebetulnya kabel sudah berisi lasi A3CS, mungkin karena kena dayungnya itu, ada yang lecet disitu ada induksi,” ujarnya.

Sebelum insiden tersebut, Iwan mengaku PLN sudah melakukan penggantian kawat terbuka menjadi kawat isolasi.

“Sebetulnya cukup aman kalau tidak terbentur dayung,” kata Iwan.


(raw/rin)

Link Sumber

Baca Berita Ini Juga:

Spurs Akhiri Rentetan Kekalahan, Bekuk Cavs 110-94 Cleveland - San Antonio Spurs memutus rentetan kekalahannya di NBA dengan menundukkan Cleveland Cavaliers. Spurs menang dengan skor 110-94 a...
Reaksi Crutchlow dan Marquez Lihat Kecepatan Nakagami di Tikungan London - Cal Crutchlow memuji rekan setim barunya, Takaaki Nakagami. Kecepatan Nakagami di tikungan sampai membuat Cruthlow tertawa bersama ...
INASGOC Keberatan Dianggap Lambat Tetapkan Kelas Asian Games Jakarta - Ketua Panitia Penyelenggara Asian Games (INASGOC) Erick Thohir keberatan dengan anggapan kelas 62 Kg angkat besi dihapus karena pi...
Soal Pencoretan Kelas 62 Kg Angkat Besi, Ini Kata Erick Thohir Jakarta - Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Erick Thohir, yang juga ketua Panitia Penyelenggara Asian Games (INASGOC), memberi pernyata...

No comments