Menko Darmin Bentuk 3 Pokja Perkuat Roadmap E-Commerce : Okezone Economy

0



JAKARTA – Kementerian Koordinator (Kemenko) bidang Perekonomian hari ini membentuk tiga kelompok kerja (Pokja) untuk memperkuat roadmap e-commerce yang masing-masing memiliki fokus tertentu.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyampaikan hal tersebut usia melaksanakan rapat koordinasi (Rakor) di Kemenko Perekonomian bersama Gubernur Bank Indonesia, Menteri keuangan serta Direktur Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan.

“Ada beberapa pekerjaan yang harus fokus tapi bisa dibuatkan beberapa kelompok kerja tanpa ubah Perpres (Peraturan Presiden),” katanya, Kamis (7/12/2017).

Baca Juga: Barang Impor Kuasai Pasar Online Indonesia, Paling Banyak dari China

Tiga kelompok kerja dimaksud antaranya melibatkan Kementerian Perdagangan untuk fokus di perdagangan meliputi ekspor dan impor. Kemudian Pokja yang fokus di infrastruktur berkaitan e-commerce meliputi platform dan teknologi.

“Infrastruktur termasuk platform, itu saya yang lead. Ketiga, payment system,” lanjutnya.

Untuk payment system melibatkan Bank Indonesia dan Kementerian Keuangan. Mereka masing-masing akan fokus ke sistem pembayaran dan perpajakannya. Namum Rudiantara belum memastikan siapa yang memimpin Pokja tersebut.

Baca Juga: Wapres JK Sebut Bisnis Start Up Indikasi Kemajuan Ekonomi Negara

Dia memastikan bahwa pembentukan Pokja ini tidak memerlukan Perpres baru. Menurutnya Menteri Koordinator bidang Perekonomian bisa membuat landasan hukum di bawah Perpres Nomor 74 Tahun 2017 tentang Peta Jalan Sistem Perdagangan Nasional Berbasis Elektronik (Road Map E-Commerce) Tahun 2017-2019.

“Enggak perlu regulasi, penetapan saja. Sebagai Ketua Steering Committee, Pak Darmin itu kan di Perpresnya ada, diberikan kewenangan untuk buat penguatan dari sisi organisasi biar lebih fokus,” tambahnya.

Baca Juga: Ekonomi Digital Berpotensi Munculkan Persaingan Tidak Sehat?

Sebelumnya, Rudiantara mengaku bersyukur atas disahkannya Peraturan Presiden (Perpres) tentang Peta Jalan Sistem Perdagangan Nasional Berbasis Elektronik (SPNBE) atau Roadmap e-commerce. Sebab, perumusan peta jalan ini sudah dilakukan cukup lama.

Rumusan Peta Jalan E-commerce dicantumkan dalam Perpres dengan Nomor 74 Tahun 2017. Perpres dibubuhkan tandangan Presiden RI Joko Widodo pada 21 Juli 2017 dan diundangkan di Jakarta pada 3 Agustus 2017 oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI Yasonna Laoly.

Dalam pasal 1 ayat 1 dijelaskan, Peta Jalan tahun 2017-2019 yang disebut Peta Jalan SPBNE 2017-2019 adalah dokumen yang memberi arahan dan langkah-langkah penyiapan dan pelaksanaan perdagangan yang transaksinya berbasiskan perangkat dan prosedur elektronik.

(kmj)

Link Sumber

Baca Berita Ini Juga:

Pindah Ibu Kota, Faisal Basri Sebut Jakarta Pikul Beban Berat Jakarta, -- Ekonom Faisal Basri menilai DKI Jakarta menanggung beban berat sebagai ibu kota negara dan pusat bisnis. Oleh karena...
Karyawan HSBC Indonesia Gugat Manajemen ke Pengadilan Jakarta, -- Serikat Pekerja HSBC Indonesia melayangkan gugatan terhadap manajemen Kantor Cabang Bank Asing (KCBA) HSBC Indonesia...

No comments