Kerugian Banjir Bandang Malangbong Garut Capai Miliaran Rupiah

0

Selain menyebabkan kerusakan permukiman penduduk dan fasilitas umum lainnya, hujan deras yang terjadi Rabu kemarin, menyebabkan arus transportasi Kereta Api (KA) yang melintasi jalur selatan Jawa terputus hingga 24 jam.

Gangguan ini berasal dari material longsoran tebing di samping rel yang menutupi bantalan perlintasan kereta, hingga akhirnya menghentikan perjalanan kereta yang melalui jalur selatan tersebut.

Kepala Humas Daop 2 Bandung Joni Martinus mengatakan, rute perlintasan Kereta Api (KA) jalur selatan Jawa, baru bisa dilalui rangkaian KA jika proses pembersihan material longsor bisa selesai malam tadi.

“Perlintasan Kereta Api berada di Kecamatan Malangbong dipastikan bisa dilalui rangkaian sekitar pukul 23.00 WIB jika tidak terjadi hujan kembali,” ujarnya, Kamis malam (23/11/2017).

Menurutnya, perlintasan kereta jalur selatan terpaksa dialihkan ke jalur utara, paska terjadinya longsor di wilayah di Bumiwaluya – Cipendeuy berada di Kampung Cikadongdong, Desa Mekarmulya, Kecamatan Malangbong, Rabu petang kemarin.

Bahkan, sejak dilakukan pendataan, terdapat delapan titik perlintasan yang berada di Kampung Ciherang dan Kampung Cidahu, Desa Haur Kuning, Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut, ikut tertimbun material longsor dari tebing yang berada di samping perlintasan.

“Yang paling parah berada di KM 231+01 sepanjang 100 meter dengan kondisi ketebalan 7 meter dan 232+89 sepanjang 50 meter ketebalan 3 meter,” ujarnya.

Sulitnya akses kendaraan yang menuju perlintasan kereta api dari Cipendeuy sampai Bumiwaluya, menyebabkan upaya pembersihan material longsor dilakukan secara manual petugas Daop 2 Bandung dengan bantuan masyarakat sekitar.

“Penanganan masih terus dilakukan oleh 200 orang bantuan dari masyarakat sekitar, kami melihat material longsoran yang menimbun perlintasan tersebut disebabkan tanah labil,” tuturnya.

Akibat kondisi medan yang sulit itu, ujar dia, hingga kini perjalanan KA melalui jalur selatan masih dialihkan melalui jalur utara melalui rute Purwakarta, Cikampek, Cirebon, Purwokerto dan Kroya dengan cara memutar dan kembali lagi ke jalur selatan.

“Sampai sekarang ini tidak ada pemberhentian bagi penumpang meskipun ada keterlambatan 5 jam,” ujarnya.

Sementara itu, bagi para penumpang yang mengalami keterlambatan, lembaganya siap mengembalikan uang tiket 100 persen tanpa potongan.

“Semua penumpang sejak kemarin malam hingga pagi telah menggunakan bus yang disiapkan dibeberapa stasiun mulai dari Tasikmalaya, Garut, Ciamis dan Banjar,” ungkapnya.

 

Simak video pilihan berikut ini:

Link Sumber

Baca Berita Ini Juga:

Massa Pro dan Kontra Ahok Beraksi di Arena Sidang PK Jakarta, -- Sekitar 50 orang anggota Aliansi Pergerakan Islam (API) menggelar demonstrasi di depan Pengadilan Negeri Jakarta Uta...
Polisi Siapkan Rekayasa Lalu Lintas di Arena Sidang PK Ahok Jakarta, -- Polda Metro Jaya menyiapkan pengalihan arus lalu lintas sebagai bentuk antisipasi aksi massa terkait sidang Peninjau...
Alumni 212 Jamin Aksi Damai di Arena Sidang PK Ahok Jakarta, -- Persaudaraan Alumni 212 bersiap mengawal pelaksanaan sidang perdana peninjauan kembali (PK) yang diajukan terpidana ...
Capres Jokowi dan ‘Sabda Mega’ di Pulau Dewata Bali, -- Rapat kerja nasional (Rakernas) III PDI Perjuangan di Sanur, Bali pada 23-25 Februari 2018, resmi ditutup, Minggu (25/2...

No comments