Ultimatum Korut, Kapal Induk AS Patroli di Semenanjung Korea

0

Jakarta, — Amerika Serikat mengerahkan kapal induk USS Ronald Reagan ke perairan bagian timur Semenanjung Korea sebagai peringatan terhadap Korea Utara yang terus meluncurkan provokasi rudal dan nuklirnya dalam beberapa waktu terakhir.

Kapal perang yang dilengkapi 100 ribu ton nuklir itu berlayar sejauh 160 kilometer dengan mengangkut 5.000 awak dan meluncurkan hampir 90 pesawat temput F-18 Super Hornet dari deknya.

“Perilaku berbahaya dan agresif Korut membuat khawatir seluruh dunia. Dengan patroli ini, kami memperingatkan mereka [Korut] bahwa kami siap melindungi Korea Selatan [sekutu AS],” ujar Laksamana Marc Dalton, komandan armada tersebut, Kamis (19/10).

Dalam patroli itu, USS Ronald Reagan ditemani angkatan laut Korsel yang membawa sekitar 40 kapal perang. Angkatan laut kedua negara berlayar dari bagian barat Laut Kuning menuju Laut Jepang atau Laut Timur.

Beberapa waktu sebelumnya, Washington juga menerbangkan sejumlah jet pengebom strategis B1-B di langit Semenanjung Korea, unjuk gigi kesiapan militer AS dalam menghadapi segala ancaman Korut.

Manuver militer ini pun membuat geram Pyongyang yang menganggap patroli angkatan laut itu sebagai “latihan perang” melawan negaranya.

Pengerahan sejumlah armada militer AS ini dilakukan menjelang tur kenegaraan Presiden Donald Trump ke Asia pada 5 November mendatang.

Jepang dan Korea Selatan adalah dua negara pertama yang akan dikunjungi Trump dalam lawatan perdananya ke kawasan tersebut.

Di saat bersamaan, sejumlah diplomat senior Jepang, Korsel, dan AS saat ini dilaporkan tengah mengadakan pertemuan di Seoul untuk membahas langkah diplomatik demi membujuk Pyongyang ke meja perundingan.

Sebab, ketegangan antara AS dan Korut semakin mengkhawatirkan, terutama setelah pemimpin kedua negara yakni Presiden Donald Turmp dan Kim Jong-un saling lontar ancaman perang hingga hinaan beberapa bulan terakhir. (has)

Link Sumber

Baca Berita Ini Juga:

Wawancana Khusus Dengan Onan Hiroshi, Komikus yang Diduga Menghina Presiden Jokowi Laporan Koresponden , Richard Susilo dari Jepang TOKYO - Dana dari China untuk proyek kereta cepat Jakarta-Bandung tidak turun-turun, pekerjaa...
Powerbank Salah Satu Penumpang Terbakar, Pesawat China Southern Airlines Ini Turunka... TRIBUNNEWS.COM - Penumpang maskapai penerbangan China Southern Airlines dari Guangzhou ke Shanghai pada Minggu (25/12/2018) harus turun dari p...
Para penggemar Sridevi mulai berkumpul di rumahnya di Mumbai Para penggemar bintang Bollywood yang terkenal, Sridevi Kapoor, mulai berkumpul di luar rumahnya di Mumbai untuk mengungkapkan duka. Jenazah S...
Peluang Presiden Xi Jinping terbuka untuk memimpin lebih dari dua periode Partai Komunis Cina yang berkuasa sudah mengusulkan pencabutan pasal di konstitusi yang membatasi masa jabatan presiden hanya untuk dua kali l...

No comments