Sambut Anies-Sandi, 28 Rute Transjakarta Gratis ke Balai Kota

0

Jakarta, — PT Transjakarta menggratiskan operasional bus hari ini demi menyambut pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur baru DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno, Senin (16/10).

Moda transportasi andalan warga Jakarta tersebut bakal digratiskan mulai pukul 14.00-23.00 WIB. Namun, jalur yang gratis adalah yang menuju kawasan Monas dan Balai Kota yang menjadi tempat Pesta Rakyat penyambutan gubernur-wakil gubernur baru.

Kepala Dinas Perhubungan Pemprov DKI Jakarta, Andri Yansyah mengatakan jumlah rute yang bakal digratiskan mencapai 28 rute di semua koridor.

Andri mengatakan keputusan menggratiskan Transjakarta itu agar warga Jakarta memilih angkutan umum dibandingkan kendaraan pribadi untuk menuju kawasan Pesta Rakyat.

Sambut Gubernur Baru, Transjakarta Gratis Menuju Balai Kota Anies Baswedan (kanan) dan Sandiaga Uno. (/Safir Makki)

Jika ada yang membawa kendaraan pribadi, kata Andri, tersedia lahan parkir di kawasan Monas dan kantong-kantong parkir yang terletak di beberapa gedung di kawasan sekitarnya. Jika transjakarta digratiskan, tak demikian dengan parkir kendaraan.

“Kalau (parkir) [di]gratis[kan] juga [nanti] pada banyak yang naik mobil pribadi. Justru kami mengupayakan untuk (Transjakarta) gratis agar masyarakat naik angkutan umum massal,” kata Andri di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (16/10).

Rekayasa Lalu Lintas Kondisional

Selain itu, Andri juga menegaskan belum ada rencana penutupan jalan dan pengalihan arus lalu lintas dalam rangka pelantikan dan penyambutan pimpinan baru Jakarta itu. Andri mengatakan penutupan jalan atau pengalihan arus akan melihat kondisi di lapangan atau kondisional.

Sejauh ini, Dishub DKI dan kepolisian akan lebih meningkatkan pengaturan lalu lintas di sekitar kawasan Monas, Balai Kota, dan Istana Negara.

“Intinya kami tetap memberikan kenyamanan kepada yang akan hadir mengikuti proses pelantikan dan hiburan rakyat, tetapi sedapat mungkin akan memberikan kenyamanan kepada masyarakat yang berlalu lalang,” kata Andri.

Andri menambahkan, Dishub juga akan berkoordinasi dengan Dinas Pertamanan DKI agar tanaman di sepanjang jalan yang dilalui warga menuju Balai Kota tidak dirusak.

“Yang paling penting kita akan koordinasi dengan instansi terkait bagaimana pelaksanaan syukuran berjalan dengan lancar,” kata Andri.

[Gambas:Video CNN]

Rute Transjakarta yang Digratiskan:

1. Terminal Pulogadung-Balai Kota
2. Terminal Pulogebang-Balaikota
3. Terminal Senen-Balaikota
4. Terminal Kampung Rambutan-Balaikota
5. Terminal Lebak Bulus-Balaikota
6. Terminal Ragunan-Balaikota
7. Terminal Kalideres-Balaikota
8. Terminal Grogol-Balaikota
9. Terminal Tanjung Priok-Balaikota
10. Terminal Kampung Melayu-Balaikota
11. Terminal Blok M-Balaikota
12. UKI-Balaikota
13. Rusun Marunda-Balaikota
14. Pancoran-Balaikota
15. Pluit-Balaikota
16. Cengkareng-Balaikota
17. Cipulir-Balaikota
18. Latumenten-Balaikota
19. Klender-Balaikota
20. Rusun Tipar-Balaikota
21. Cakung-Balaikota
22. Rusun Pinus Elok-Balaikota
23. Warakas-Balaikota
24. Tambora-Balaikota
25. Mangga Dua-Balaikota
26. Rawa Bebek-Balaikota
27. PGC Cililitan-Balaikota
28. Terminal Pinang Ranti-Balaikota.

(kid)

Link Sumber

Baca Berita Ini Juga:

Banjir Kepung Kota Bandung, Tasikmalaya, dan Kuningan Jakarta, -- Banjir terjadi di wilayah Kabupaten Bandung yang berada di pinggiran Kota Bandung lantaran hujan deras yang mengakib...
Wiranto Minta Polisi ‘Gebuk’ Pelaku Penyerangan Tokoh Agama Jakarta, -- Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto meminta aparat kepolisian untuk tak mentolerir para ...
Sidang Mediasi PBB dan KPU di Bawaslu Gagal Temui Titik Temu Jakarta, -- Sidang Mediasi Penyelesaian Sengketa Proses Pemilu antara Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Partai Bulan Bintang (PBB)...
Wanita yang Menggigit Polisi di Kudus Dititipkan di Rumah Sakit Karena Diduga Alami G... KUDUS — Setelah menjalani pemeriksaan psikis oleh tim medis RSUD Loekmono Hadi, Kudus, diketahui wanita yang menggigit tangan kanan poli...

No comments