Israel Respons Rekonsiliasi Hamas-Fatah

0

Jakarta, — Israel memberi respons mengenai rekonsiliasi faksi-faksi Palestina, Hamas dan Fatah yang bersepakat demi persatuan Palestina. Kedua faksi itu menyepakati rekonsiliasi di Kairo Mesir, Kamis (12/10).

Dikutip AFP, seorang pejabat Israel yang tak menyebutkan nama mengatakan, rekonsiliasi antara Hamas dan Fatah harus patuh pada kesepakatan internasional yang sudah ditetapkan. Pejabat ini juga menyebut, Hamas harus mengakui keberadaan Israel.

“Setiap rekonsiliasi antara Otoritas Palestina dan Hamas harus mencakup komitmen terhadap kesepakatan internasional. Pertama-tama mengakui Israel,” kata pejabat tersebut dalam reaksi pertama pemerintah Israel terhadap kesepakatan yang ditandatangani Hamas dan Fatah.

Pejabat tersebut mengacu pada Kuartet Diplomatik mengenai perdamaian Timur Tengah, yang mencakup Perserikatan Bangsa-Bangsa, Amerika Serikat, Uni Eropa, dan Rusia.

Hamas dan Fatah memulai melakukan perundingan di Kairo, Mesir pada Selasa (10/10) sebelum akhirnya terjadi kesepakatan untuk rekonsiliasi demi persatuan Palestina. Faksi-faksi Palestina yang bertikai sejak satu dekade terakhir ini menandatangani kesepakatan pada hari Kamis (12/10) untuk mengakhiri perpecahan setelah perundingan yang dimediasi oleh Mesir.

Mesir sudah berulang kali menjadi penengah untuk mendamaikan kedua faksi ini guna membentuk pemerintahan bersatu di Gaza dan Tepi Barat.

Bulan lalu pun kelompok Hamas, yang dianggap sebagai kelompok teroris oleh Barat dan Israel, setuju untuk menyerahkan kekuasaan di Gaza pada Pemerintahan Otoritas Palestina yang dipimpin Mahmoud Abbas dan didukung Fatah.

Berdasarkan kesepakatan tersebut, Otoritas Palestina yang berbasis di Tepi Barat akan melanjutkan kontrol penuh atas Jalur Gaza yang dikuasai Hamas pada 1 Desember. (osc)

Link Sumber

Baca Berita Ini Juga:

Tembak Markas Pro-Korut di Tokyo, Dua Aktivis Jepang Ditahan Jakarta, -- Kepolisian Jepang menahan dua pria yang menembaki kantor pusat kelompok pendukung Korea Utara di Tokyo, Jumat (23/2)...
Terbongkar Kecurangan Partai Politik Jepang, Follower Twitternya Langsung Drop Drasti... Laporan Koresponden , Richard Susilo dari Jepang TOKYO - Politik di Jepang khususnya dilakukan kalangan oposisi partai demokratik konstitution...
Demi Damai, Korsel Terima Jenderal Korut Terduga Pembantaian Jakarta, -- Demi perdamaian, Korea Selatan akan menerima delegasi Korea Utara pimpinan Kim Yong-chol, jenderal yang dituding mem...
Suami Minta Bayaran Rp 1,8 Juta Sekali Jemput Istri, Ini Ganjarannya DUBAI - Wanita di Dubai, Uni Emirat Arab, nekat menceraikan suaminya karena sudah muak dengan tingkahnya. Dilansir Tribun-Video.com&...

No comments