TIPS LARIS: Begini Cara Memperlakukan Pelanggan dalam Bisnis Anda

0

JAKARTA – Pelanggan atau costumer adalah pihak yang paling penting dalam bisnis Anda. Tanpa pelanggan, bisnis Anda tentunya tak berarti dan tak dapat berkembang.

Anda pun perlu memperlakukan pelanggan dengan sangat baik. Perlakukanlah pelanggan ibarat Anda memperlakukan teman dekat.

Jason Balin dari Hard Money Bankers & REI360.Net mengatakan, Anda dapat menjaga hubungan baik dengan konsumen dengan memanfaatkan berbagai perkembangan teknologi terkini. Salah satunya melalui media sosial dan e-mail.

“Layanan online bisa menyentuh banyak orang,” ujarnya seperti melansir laman Entrepreneur.

Melalui e-mail, Anda dapat menyapa pelanggan sebagaimana menjalin hubungan baik dengan teman Anda. Anda pun dapat memanfaatkan e-mail untuk menyapa pelanggan secara rutin.

Media sosial lainnya pun juga dapat Anda manfaatkan. Namun, perlu Anda ingat, komunikasi yang dijalankan harus dilakukan secara efektif.

Anda bisa saja menjalin komunikasi dengan mengirimkan layanan atau informasi terkait produk yang Anda jual. Hanya saja, untuk menjalani hubungan komunikasi yang baik, tak ada salahnya Anda menyapa pelanggan tanpa adanya embel-embel bisnis dalam e-mail tersebut.

“(Melalui layanan online) Anda bisa berkomunikasi secara real time,” ungkap Chris Haddon dari Hard Money Bankers & REI360.

Hanya saja, perkembangan teknologi bisa saja menjaga jarak antara Anda dengan pelanggan. Untuk itu, sesekali cobalah bertemu dengan pelanggan secara langsung.

Bertemu dengan pelanggan secara tatap muka dapat memberikan suatu nilai tambah bagi pelanggan terhadap bisnis Anda. Anda bisa saja mengadakan event secara khusus bagi pelanggan.

Perlakukanlah pelanggan Anda selayaknya teman dekat yang Anda miliki. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan lebih banyak pelanggan dan bisnis dapat semakin berkembang.

Link Sumber

Baca Berita Ini Juga:

Ekonomi RI 2018 Dipatok Tumbuh 5,4 Persen, IHSG Menguat Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat 56,9 poin (0,97 persen) ke level 5.891 setelah bergerak di antara 5.836-5.891 pada hari ini,...
Hemat! Mentan Hilangkan Anggaran Pembelian Mobil Baru hingga Perjalanan Dinas di 2018 JAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) berjanji menghapus biaya seremoni hingga pembelian mobil operasional baru di lingk...
Kementan: Kesejahteraan petani terus membaik Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Pertanian mengklaim kesejahteraan petani terus membaik yang hal itu terlihat dari upah buruh tani yang menga...
Pemerintah Siap Beri Lahan Terlantar ke PT Garam Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Sofyan Djalil mengungkapkan, pemerintah akan mengambil alih sekitar 3.750 hektare lahan garam yang dimilik...

No comments